In Autumn 2020, DOAJ will be relaunching with a new website with updated functionality, improved search, and a simplified application form. More information is available on our blog. Our API is also changing.

Hide this message

Pelatihan Membangun The Road Map Career Sejak di Bangku Sekolah bagi Siswa SMK YPUI Parung-Bogor

E-Dimas. 2020;11(3):330-338 DOI 10.26877/e-dimas.v11i3.5602

 

Journal Homepage

Journal Title: E-Dimas

ISSN: 2087-3565 (Print); 2528-5041 (Online)

Publisher: LPPM Universitas PGRI Semarang

Society/Institution: Universitas PGRI Semarang

LCC Subject Category: Social Sciences: Social history and conditions. Social problems. Social reform | Social Sciences: Communities. Classes. Races

Country of publisher: Indonesia

Language of fulltext: Indonesian

Full-text formats available: PDF

 

AUTHORS


Wiyanto Wiyanto (Universitas Pamulang)

EDITORIAL INFORMATION

Peer review

Editorial Board

Instructions for authors

Time From Submission to Publication: 15 weeks

 

Abstract | Full Text

Kondisi dunia berubah dan berkembang sangat cepat serta tidak menentu. Mindset strategis sangat diperlukan bagi setiap SDM lulusan SMK saat ini. Dengan mindset strategis memungkinkan lulusan SMK memiliki perilaku dan sikap lebih baik, benar dan terarah. Lulusan SMK diharapkan dapat (1) Menjadi SDM yang siap untuk bekerja; (2) Melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan di atasnya; dan (3) Menjadi wirausaha. Oleh karena itu, kemampuan dalam berpikir strategis, benar, teliti, cermat, dan konsisten menjadi elemen yang penting dalam membangun road map career yang akan dibuatnya. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu Siswa SMK YPUI Parung dalam mebangun road map career. Metode yang digunakan adalah pelatihan, praktik dan sharing session. Kegiatan pelatihan dirancang khusus untuk membentuk sikap yang benar, memiliki kemampuan pengetahuan yang baik dan ketrampilan yang baik. Hasil dari kegiatan ini siswa mampu memahami isu terkini terkait jumlah lulusan dan pengangguran serta mampu menangkap peluang. Siswa mampu menentukan tujuan dan/atau cita-cita setelah lulus SMK, siswa mampu mengenali potensi diri yang dimiliki dan mengoptimalkannya. Siswa juga mampu membuat road map career bagi dirinya. Selain itu, siswa juga mampu dalam memilih kampus yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi pribadi siswa.